Yuk, Kenali Teknologi Pertanian Jepang yang Sangat Modern!

Yuk, Kenali Teknologi Pertanian Jepang yang Sangat Modern! Ketika berbicara tentang perkembangan teknologi tentunya kita akan langsung terlintas dengan salah satu negara maju yang ada di Asia Timur. Ya, negara tersebut merupakan negara Jepang yang sering disebut dengan negara matahari terbit. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa negara yang satu ini tidak terlepas dari teknologi yang dikembangkan dalam setiap bidangnya. Salah satunya yaitu pada bidang pertanian.

Meskipun negara Jepang memiliki lahan pertanian yang relatif lebih kecil apabila dibandingkan dengan negara Indonesia, namun produk pertanian yang dihasilkan tidak kalah saing dengan negara-negara agraris lainnya. Maka tidak heran jika negara Jepang berhasil mewujudkan swasembada pangan. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh teknologi pertanian yang sudah berkembang pesat dan sangat modern. Kira-kira apa saja ya teknologi pertanian yang digunakan oleh masyarakat Jepang. Mari simak ulasannya sampai tuntas berikut ini!

Baca Juga: Ketahui Bocoran Togel Online Tepat Dan Mudah

Teknologi Green House atau Rumah Kaca

Dalam hal bertani, masyarakat Jepang tidak hanya menggunakan lahan pertanian ladang ataupun sawah saja, melainkan juga menggunakan green house (rumah kaca). Teknologi green house yang digunakan oleh masyarakat Jepang ini sangat canggih karena dilengkapi dengan sebuah tirai yang tidak biasa. Tirai tersebut dinamakan dengan tirai diafragma. Sementara itu untuk atap yang digunakan pun merupakan atap yang transparan dengan warna belang-belang abu yang dapat membuka dan menutup secara otomatis. Teknologi pertanian Jepang yang sangat canggih bukan?

Adapun untuk mengontrol semua pekerjaan yang dilakukan di rumah kaca ini cukup mudah. Para petani hanya tinggal duduk manis saja sambil mengawasi seluruh mesin yang dilakukan secara robotic dengan cara menekan tombol-tombol yang sudah tersedia.

Teknologi Rice Transplanter

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Jepang. Oleh karena itu, penanaman padi sangat digencarkan oleh pemerintah Jepang kepada para penduduknya. Maka untuk mempermudah proses penanaman yang dilakukan terciptalah sebuah teknologi pertanian Jepang yang bernama Rice Transplanter. Teknologi bisa dioperasikan dengan dua tipe yaitu dengan walking type (dituntun) dan riding type (dikendarai). Untuk mesin rice transplanter dengan walking type ini mempunyai alur tanam mulai dari 2 sampai dengan 6 alur. Sedangkan untuk rice transplanter dengan riding type ini mempunyai alur tanam lebih banyak dibandingkan dengan walking type yaitu mulai dari 4 sampai dengan 12 alur.

Teknologi Mesin Perontok Padi

Selain memiliki teknologi rice transplanter yang digunakan untuk menanam padi dengan cepat, Jepang pun memiliki suatu mesin yang digunakan untuk merontokan hasil padi yang sudah dipanen. Proses kinerja dari mesin ini yaitu memisahkan antara gabah dengan padinya. Adapun untuk tipe dari mesin ini terdiri dari tipe kemudi dan tipe dorong.

Teknologi LED

Jika di Indonesia kita mengetahui teknologi LED hanya dalam industri digital saja, berbeda halnya dengan negara Jepang yang sudah memanfaatkan teknologi ini ke dalam industri pertanian. Hal ini dapat dilihat dari sawah yang ada di Jepang tepatnya di Shiroyone Senmaida, dimana area ini sangat unik ketika malam hari tiba yang diwarnai oleh beribu-ribu lampu LED. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi pertanian Jepang yang satu ini sangat membantu para petani untuk bisa mempercepat proses penanaman yang dilakukan.

Demikianlah ulasan tentang teknologi pertanian Jepang yang sangat modern. Semoga bisa dijadikan sebagai inovasi bagi para petani Indonesia ya!