Teknologi Pertanian Jepang yang Cocok Untuk Lahan Sedikit

Teknologi Pertanian Jepang yang Cocok Untuk Lahan Sedikit. Apakah Anda tertarik dengan dunia pertanian dan ingin mencoba menanam sesuatu namun tidak memiliki lahan yang cukup memadai? Nah, jika memang benar begitu, Anda bisa mengaplikasikan teknik yang telah populer di beberapa negara khususnya negara Jepang ini sebagai solusi untuk Anda. Teknologi tersebut dinamakan dengan teknologi hidroponik.

Oke, untuk lebih jelasnya mari kita bahas ulasan ini sampai tuntas. Simak baik-baik ya!

Baca Juga: Yuk, Kenali Teknologi Pertanian Jepang yang Sangat Modern!

Apa Itu Teknologi Hidroponik?

Bagi Anda yang baru mendengar teknologi pertanian Jepang yang satu ini pastinya masih bertanya-tanya apa itu teknologi hidroponik bukan? Teknologi hidroponik merupakan suatu teknik menanam tanaman tanpa memerlukan media tanah. Uniknya lagi, teknologi hidroponik ini bisa dilakukan di dalam sebuah gedung yang tentunya sangat minim cahaya matahari. Pastinya masyarakat Jepang ini memiliki cara-cara tersendiri untuk bisa melakukan teknik penanaman hidroponik ini ya.

Teknologi Hidroponik Jepang

Berikut merupakan teknologi hidroponik yang dilakukan oleh masyarakat Jepang, diantaranya yaitu:

  • Teknologi LED

Salah satu teknologi yang digunakan oleh masyarakat Jepang dalam mengembangkan teknik menanam tanaman secara hidroponik adalah dengan menggunakan teknologi LED. Teknologi ini merupakan pengganti dari cahaya matahari, Hal ini dikarenakan pada umumnya tanaman hidroponik ini dilakukan di dalam gedung yang tertutup. Meskipun cahaya yang digunakan ini merupakan sinar LED, namun pertumbuhan tanaman sama sekali tidak terhambat. Oleh karena itu, dengan teknologi ini mereka mampu menghasilkan produk tanaman yang lebih banyak dibandingkan dengan proses menanam yang dilakukan secara konvensional.

  • Teknologi HPSV (High Pressure Sodium Vapor)

Teknologi pertanian Jepang selanjutnya ketika melakukan penanaman secara hidroponik adalah teknologi High Pressure Sodium Vapor. Kegunaan dari adanya teknologi ini hampir sama dengan teknologi LED yaitu menggantikan cahaya matahari. Jadi, bisa dibilang bahwa antara teknologi LED dengan High Pressure Sodium Vapor ini saling melengkapi satu sama lain supaya tanaman yang dihasilkan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka dari itu, produk tanaman yang akan dihasilkan pun bisa memiliki kualitas yang tinggi.

  • Dikontrol oleh Mesin Komputer

Perkembangan teknologi Jepang memang sudah sangat tidak perlu diragukan lagi. Dalam proses penanaman hidroponik ini pun semua yang dilakukan dikontrol oleh mesin komputer. Mulai dari menyuplai air pada masing-masing tanaman, mengatur suhu atau temperatur ruangan supaya mirip dengan suhu yang ada di kebun, serta mengatur cahaya. Oleh karena itu, tidak heran bukan jika proses menanam tanaman secara hidroponik di negara Jepang memiliki hasil yang sangat memuaskan.

  • Menggunakan Mesin Penanam Otomatis

Teknologi pertanian Jepang yang sangat canggih lainnya adalah penggunaan mesin penanam otomatis. Memang teknologi semacam ini sudah berkembang di negara-negara lain seperti negara Cina dan Taiwan. Tentunya keuntungan ketika menggunakan mesin yang satu ini yaitu bisa melakukan penanaman secara serentak sehingga akan mengefisiensikan waktu penanaman yang biasanya sangat menyita waktu yang sangat lama apabila dilakukan secara manual.

Untuk tanaman hidroponik yang biasa ditanam di negara Jepang ini tidak hanya sayuran ataupun buah saja loh, melainkan padi pun ditanam secara hidroponik. Hal ini dilakukan karena pemerintah Jepang sangat menganjurkan seluruh masyarakatnya untuk mengonsumi nasi sebagai makanan pokok setiap harinya.

Nah, itulah beberapa teknologi pertanian Jepang dalam melakukan proses penanaman secara hidroponik. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan Anda mengenai seputar dunia pertanian ya!